PENGEMBANGAN ISTRUMEN EVALUASI
DUKUNGAN SISTEM
“PENYELENGGARAAN BIMBINGAN DAN
KONSELING”
Tujuan dalam pengembangan
pengembangan instrumen Dukungan Sistem “penyelenggaraan Bimbingan dan
Konseling” adalah untuk mengetahui dan mengidentifikasi dukungan sistem dalam
penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di sekolah.
A. Definisi Konseptual
Menurut Nurihsan (2009: 47), Dukungan
sistem adalah kegiatan-kegiatan manajemen yang bertujuan untuk memantapkan,
memelihara serta meningkatkan program bimbingan. Komponen dukungan sistem
membantu staf atau personel bimbingan dan konseling dalam melaksanakan layanan
dasar bimbingan, responsif dan perencanaan individual.”
B. Definisi Operasional
Dukungan sistem merupakan salah satu
bentuk strategi dalam implementasi program bimbingan dan konseling yang secara
tidak langsung memberikan bantuan atau memfasilitasi kelancaran perkembangan
konseli, dengan cara memperlancar penyelenggaraan layanan dasar, responsif, dan
perencanaan individual. Dukungan sistem penyelenggaraan bimbingan dan konseling
meliputi:
1. Kepala Sekolah
2. Wakil Kepala Sekolah
3. Koordinator BK
4. Konselor
5. Guru Mata Pelajaran
6. Wali Kelas
7. Staf Administrasi
8. Tempat Kegiatan
9. Instrumen BK
10. Materi BK
11. Jenis Program
12. Materi Program
13. Waktu Pelaksanaan
14. Himpunan Data
KISI-KISI ISTRUMEN EVALUASI
DUKUNGAN SISTEM
“PENYELENGGARAAN BIMBINGAN DAN
KONSELING”
Variabel |
Indikator |
Deskriptor |
No. Item |
Dukungan Sistem Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling |
Kepala Sekolah |
Mengkoordinasi seluruh kegiatan pendidikan |
1, 2 |
Menyediakan dan melengkapi sarana prasarana |
3 |
||
Keterlaksanaan program BK |
4 |
||
Melakukan supervisi |
5, 6 |
||
Mengadakan kerjasama |
7 |
||
Wakil Kepala Sekolah |
Mengkoordinasin pelaksanaan layanan BK |
1, 2 |
|
Melaksanakan kebijakan pimpinan sekolah |
3, 4 |
||
Koordinator BK |
Mengkoordinasi para konselor sekolah |
1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 |
|
Mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan BK |
9, 10, 11, 12, 13, 14, 15, 16 |
||
Konselor |
Memasyarakatkan kegiatan BK |
1, 2 |
|
Merencanakan program BK |
3, 4 |
||
Merumuskan persiapan kegiatan BK |
5, 6 |
||
Melaksankan layanan BK |
7, 8 |
||
Menilai proses dan hasil kegiatan BK |
9, 10 |
||
Menganalisis hasil penilaian |
11, 12 |
||
Melaksanakan tindak lanjut |
13, 14 |
||
Mengadministrasi kegiatan BK |
15, 16 |
||
Mempertanggungjawabkan tugas dan
kegiatan |
17, 18 |
||
Guru Mata Pelajaran |
Membantu memasyarakatkan layanan BK |
1 |
|
Melakukan kerja sama dengan konselor |
2 |
||
Mengalihtangankan siswa |
3 |
||
Mengadakan upaya tindak lanjut |
4 |
||
Membantu mengumpulkan informasi |
5 |
||
Ikut serta dalam program BK |
6 |
||
Wali Kelas |
Membantu melaksanakan layanan BK |
1, 2 |
|
Memberikan informasi |
3 |
||
Ikut serta dalam konfrensi kasus |
4, 5 |
||
Staf Administrasi |
Koordinator dalam mengadministrasikan kegiatan BK |
1 |
|
Membantu mempersiapkan kegiatan BK |
2 |
||
Membantu menyiapkan saran |
3 |
||
Tempat Kegiatan |
Ruang kerja konselor |
1 |
|
Ruang pelayanan |
2 |
||
Ruang data dan administrasi BK |
3 |
||
Ruang kegiatan kelompok |
4 |
||
Keadaan ruang BK |
5 |
||
Instrumen BK |
Pengguanaan tes |
1, 2, 3, 4 |
|
Penggunaan alat ungkap masalah |
5, 6, 7 |
||
Penggunaan inventori tugas
perkembangan |
8, 9, 10 |
||
Penggunaan instrument penilaian |
11, 12, 13, 14 |
||
Materi BK |
Silabus |
1, 2, 3, 4, 5 |
|
Buku kegiatan pelaksanaan BK |
6, 7, 8, 9, 10 |
||
Jenis Program |
Program |
1, 2 |
|
Laporan |
3 |
||
Agenda |
4, 5 |
||
Satuan layanan/kegiatan BK |
6, 7 |
||
Materi Program |
Mengacu pada tugas perkembangan siswa |
1 |
|
Sesuai dengan kebutuhan dan masalah siswa |
2 |
||
Mencakup seluruh bidang bimbingan |
3, 4 |
||
Waktu Pelaksanaan |
Pelaksanaan program layanan BK |
1, 2, 3 |
|
Himpunan Data |
Data siswa yang lengkap |
1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11,
12, 13 |
ISTRUMEN EVALUASI DUKUNGAN SISTEM
“PENYELENGGARAAN BIMBINGAN DAN
KONSELING”
A. Petunjuk Pengisian
- Dibawah ini terdapat pertanyaan-pertanyaan yang
berhubungan dengan penyelenggaraan bimbingan dan konseling di sekolah.
- Konselor diminta untuk memilih alternative jawaban yang
sesuai dengan kondisi nyata di sekolah yang dibimbingnya, dengan cara
membubuhkan tanda (√) pada kolom yang telah disediakan.
a)
Identitas
Responden
Nama :
……………………………………………………
Jenis Kelamin :
……………………………………………………
b)
Pertanyaan
No. |
Pertanyaan |
Ya |
Tidak |
Kepala Sekolah |
|||
1. |
Apakah kepala sekolah memahami dan peduli terhadap BK? |
||
2. |
Apakah kepala sekolah mengintegrasikan program BK dengan
program sekolah? |
||
3. |
Apakah kepala sekolah memfasilitasi pengembangan program
BK? |
||
4. |
Apakah kepala sekolah melaksanakan penilaian BK? |
||
5. |
Apakah kepala sekolah melaksanakan pembinaan BK? |
||
6. |
Apakah kepala sekolah berpartisifasi aktif dalam kegiatan
kusus BK? |
||
7. |
Apalah kepala sekolah responsive terhadap upaya inovasi BK
di sekolah? |
||
Wakil Kepala Sekolah |
|||
1. |
Apakah wakil kepala sekolah membantu tugas-tugas kepala
sekolah,kususnya berkenaan dengan layanan BK? |
||
2. |
Apakah wakil kepala sekolah memahami dan peduli terhadap
BK? |
||
3. |
Apakah wakil kepala sekolah membantu masyarakat BK? |
||
4. |
Apakah wakil kepala sekolah berpartisifasi aktif dalam
kegiatan kusus BK? |
||
Koordinator BK |
|||
1. |
Apakah koordinator BK memasyarakatkan BK kepada segenap
warga sekolah,orang tua siswa,dan masyarakat? |
||
2. |
Apakah koordinator BK mengkoordinasikan konselor dalam
menyusun program tahunan? |
||
3. |
Apakah koordinator BK mengkoordinasikan konselor dalam
menyusun program semester? |
||
4. |
Apakah koordinator BKmengkoordinasikan konselor dalam
menyusun satuan layanan BK? |
||
5. |
Apakah koordinator BK mengkoordinasikan konselor dalam
menyusun satuan kegiatan pendukung BK? |
||
6. |
Apakah koordinator BK mengkoordinasikan konselor dalam
menyusun agenda mingguan? |
||
7. |
Apakah koordinator BK mengkoordinasikan konselor dalam
menyusun agenda harian? |
||
8. |
Apakah koordinator BK mengkoordinasikan konselor dalam
membuat rekap bulanan? |
||
9. |
Apakah koordinator BK mengkoordinasikan konselor dalam
melaksanakan segenap program BK? |
||
10. |
Apakah kordinator BK mengkoordinasikan konselor dalam
menilai hasil pelaksanaan program BK? |
||
11. |
Apakah koordinator BK mengkoordinasikan konselor dalam
menganalisis hasil penilaian layanaan dan kegiatan pendukung BK? |
||
12. |
Apakah koordinator BK mengkoordinasikan konselor dalam
menindaklanjuti hasi analisis layanan dan kegiatan pendukung BK? |
||
13. |
Apakah koordinator BK mengadministrasikan kegiatan satuan
layanan dan kegiatan pendukung BK? |
||
14. |
Apakah koordinator BK mengusulkan kepada kepala sekolah
dan mengusahakan bagi terpenuhinya tenaga,sarana dan perasarana,alat dan
perlengkapan BK? |
||
15. |
Apakah koordinator BK berpartisipasi aktif dalam kegiatan
kepengawasan oleh pengawas bidang BK? |
||
16. |
Apakah koordinator BK mempertanggung jawaBKan
pelaksananaan layanaan BK pada kepala sekolah? |
||
Konselor |
|||
1 |
Apakah konselor memasyarakatkan BK kepada segenap warga
sekolah? |
||
2 |
Apakah konselor membimbing siswa minimal 150 orang? |
||
3 |
Apakah konselormalayani setiap siswa minimal 8 kali dalam
setiap semester? |
||
4 |
Apakah konselor manyusun program semesteran? |
||
5 |
Apakah konselor menyusun program satuan layanan BK? |
||
6 |
Apakah konselor menyusun program satuan kegiatan pendukung
BK? |
||
7 |
Apakah konselor membuat agenda harian? |
||
8 |
Apakah konselor membuat rekap bulanan? |
||
9 |
Apakah konselor melaksanakan segenap program satuan
layanan BK? |
||
10 |
Apakah konselor melaksanakan segenap program satuan
kegiatan pendukung BK? |
||
11 |
Apakah konselor menilai proses dan hasil pelaksanaan
satuan layanan dan kegiatan pendukung BK? |
||
12 |
Apakah konselor menganalisis hasil penilaian layanan dan
pendukung BK? |
||
13 |
Apakah konselor melaksanakan tindaklanyut hasil analisis
layanan dan kegiatan pendukung BK? |
||
14 |
Apakah konselor mengadministrasikan kegiatan satuan
layanan dan kegiatan pendukung? |
||
15 |
Apakah konselor berpartisipasi aktif dalam kegiatan
kepengawasa oleh pengawas dalam bidang BK? |
||
16 |
Apakah konselor mempertangungjawaBKan pelaksanaan
layananBK kepada coordinator BK dan kepala sekolah? |
||
17 |
Apakah konselor berlatar belakang pendidikan s1? |
||
18 |
Apakah geru BK bersertipikasi? |
||
Guru Mata Pelajaran |
|||
1 |
Apakah guru mata pelajaran membantu memasyarakatkan BK? |
||
2 |
Apakah guru mata pelajaran membantu mengidentipikasi siswa
yang memerlukan layanan BK? |
||
3 |
Apakah guru mata pelajaran mengalih tangankan siswa yang memerlukan
layanan BK? |
||
4 |
Apakah guru mata pelajaran menjadi agen referral (alih
tangan kasus)? |
||
5 |
Apakah guru mata pelajaran berpatisipasi dalam kegiatan
konferensi kasus? |
||
6 |
Apakah guru mata pelajaran membantu mengembangkan suasana
kelas, hubungan guru dengan siswa, dan hubungan siswa dengan siswa yang
menunjang pelaksanaan BK? |
||
Wali Kelas |
|||
1 |
Apakah wali kelas membantu konselor melaksanaan
tugas-tugasnya, kususnya di kelas yang menjadi tanggung jawabnya? |
||
2 |
Apakah wali kelas membantu guru mata palajaran
melaksanakan peranya dalam pelayanan BK,kususnya dikelas yang menjadi
tanggung jawabnya? |
||
3 |
Apakah wali kelas membantu memberi kesempatan kepada
siswa, kususnya dikelas yang menjadi tanggung jawabnya? |
||
4 |
Apakah wali kelas mengalih tangankan siswa yang
memperlukan layanan BK? |
||
5 |
Apakah wali kelas berpartisipasi dalam kegiatan kusus BK,
seperti konfereensi kasus? |
||
Staf TU |
|||
1 |
Apakah staf tu membantu konselor melaksanakan
tugas-tugasnya,khususnya dalam kegiatan pengadministrasian BK? |
||
2 |
Apakah ada staf tu khusus yang diperbantukan untuk
mengadministrasikan kegiatan BK? |
||
Tempat Kegiatan |
|||
1 |
Apakah ada ruang kerja konselor dan meuble lainnya? |
||
2 |
Apakah ada ruang pelayanan dan meuble lainnya |
||
3 |
Apakah ada ruang data dan administrasi BK beserta meuble
lainnya? |
||
4 |
Apakah ada ruang kegiatan kelompok dan meuble lainnya? |
||
5 |
Apakah ruang BK tertata rapi dengan suasana yang
menyenangkan? |
||
Instrumen BK |
|||
1 |
Apakah di sekolah ini mengguanaka tes intelegensi? |
||
2 |
Apakah di sekolah ini menggunakan tes bakat? |
||
3 |
Apakah di sekolah ini menggunakan test prestasi belajar
standar? |
||
4 |
Apakah di sekolah ini menggunaka alat ungkap masalah/ inventori masalah siswa? |
||
5 |
Apakah di sekolah ini menggunakan inventori tugas
perkembangan? |
||
6 |
Apakah di sekolah ini menggunakan skala sikap? |
||
7 |
Apakah di sekolah ini menggunakan skala minat? |
||
8 |
Apakah di sekolah ini menggunakan angket siswa? |
||
9 |
Apakah di sekolah ini menggunakan pedoman observasi? |
||
10 |
Apakah di sekolah ini menggunakan pedoman wawancara? |
||
11 |
Apakah di sekolah ini menggunakan sosiometri? |
||
12 |
Apakah di sekolah ini menggunakan instrument
penilaian segera? |
||
13 |
Apakah di sekolah ini mengguanakan instrument penilaian
jangka pendek? |
||
14 |
Apakah di sekolah ini mengguanakan instrument penilaian
jangka panjang? |
||
Materi BK |
|||
1 |
Apakah memiliki silabus? |
||
2 |
Apakah memiliki buku panduan pelaksanaan BK? |
||
3 |
Apakah memiliki buku standarisasi profesi konseling? |
||
4 |
Apakah memilik buku buku tentang BK? |
||
5 |
Apakah memiliki buku buku tentang psikologi? |
||
6 |
Apakah memiliki buku buku tentang pendidikan? |
||
7 |
Apakah memiliki buku buku atau sumber bimbingan pribadi? |
||
8 |
Apakah memiliki buku buku atau sumber bimbingan social? |
||
9 |
Apakah memiliki buku buku atau sumber bimbingan belajar? |
||
10 |
Apakah memiliki buku buku atau sumber bimbingan karir? |
||
Jenis Program |
|||
1 |
Apakah konselor membuat program tahunan? |
||
2 |
Apakah konselor membuat program semesteran? |
||
3 |
Apakah konselor membuat laporan bulanan? |
||
4 |
Apakah konselor membuat agenda mingguan? |
||
5 |
Apakah konselor membuat agenda harian? |
||
6 |
Apakah konselor membuat satuan layanan BK? |
||
7 |
Apakah konselor membuat satuan kegiatan BK? |
||
Materi Program |
|||
1 |
Apakah materi BK mengacu pada tugas perkembangan siswa
atau standar kompetensi? |
||
2 |
Apakah materi BK sesuai dengan kebutuhan dan masalah nyata
siswa? |
||
3 |
Apakah materi BK mencakup seluruh bidang bimbingan? |
||
4 |
Apakah konselor mengintregasikan pendidikan budi pekerti? |
||
Waktu Pelaksanaan |
|||
1 |
Apakah program layanan BK dilaksanakan pada jam efektif? |
||
2 |
Apakah program layanan BK dilaksanakan diluar jam efektif
sekolah? |
||
3 |
Apakah program layanan BK dilaksanakan melalui jam khusus
BK di kelas selama 1 sampai 2 jam/minggu? |
||
Himpunan Data |
|||
1. |
Apakah konselor memiliki data pribadi siswa yang lengkap? |
||
2. |
Apakah konselor memiliki data sosial siswa yang lengkap? |
||
3. |
Apakah konselor memiliki data belajar siswa yang lengkap? |
||
4. |
Apakah konselor memiliki data karier siswa yang lengkap? |
||
5. |
Apakah konselor memiliki data belakang keluarga siswa yang
lengkap? |
||
6. |
Apakah konselor memiliki data masalah siswa yang lengkap? |
||
7. |
Apakah konselor memiliki data bakat siswa yang lengkap? |
||
8. |
Apakah konselor memiliki data kecerdasan siswa yang
lengkap? |
||
9. |
Apakah konselor memiliki data tugas perkembangan siswa
yang lengkap? |
||
10. |
Apakah konselor memiliki data kelompok yang lengkap? |
||
11. |
Apakah konselor memiliki data umum yang lengkap? |
||
12. |
Apakah data tersimpan rapi dan terjaga kerahasiaannya,
terutama untuk data yang bersifat pribadi? |
||
13. |
Apakah seluruh data dimanfaatkan untuk setiap layanan BK? |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar