Assalamualaikum Wr. Wb. Saya Mukhamad Fadhir mahasiswa Bimbingan dan Konseling Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Yogyakarta yang akan membagikan sedikit tentang Pengembangan Media dan Instrumen Bimbingan dan Konseling. Semoga segala yang ada dalam site saya bermanfaat bagi para pembaca dan bisa memberikan sumbangan gagasan atau ide dalam mengembangkan media dan instrumen Bimbingan dan Konseling yang menarik bagi peserta didik. Sekian ^^ Wassalamualaikum Wr. Wb.

EVALUASI BK

 



PENGEMBANGAN ISTRUMEN EVALUASI DUKUNGAN SISTEM

“PENYELENGGARAAN BIMBINGAN DAN KONSELING”

 

Tujuan dalam pengembangan pengembangan instrumen Dukungan Sistem “penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling” adalah untuk mengetahui dan mengidentifikasi dukungan sistem dalam penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di sekolah.

A.    Definisi Konseptual

Menurut Nurihsan (2009: 47), Dukungan sistem adalah kegiatan-kegiatan manajemen yang bertujuan untuk memantapkan, memelihara serta meningkatkan program bimbingan. Komponen dukungan sistem membantu staf atau personel bimbingan dan konseling dalam melaksanakan layanan dasar bimbingan, responsif dan perencanaan individual.”

B.     Definisi Operasional

Dukungan sistem merupakan salah satu bentuk strategi dalam implementasi program bimbingan dan konseling yang secara tidak langsung memberikan bantuan atau memfasilitasi kelancaran perkembangan konseli, dengan cara memperlancar penyelenggaraan layanan dasar, responsif, dan perencanaan individual. Dukungan sistem penyelenggaraan bimbingan dan konseling meliputi:

1.      Kepala Sekolah

2.      Wakil Kepala Sekolah

3.      Koordinator BK

4.      Konselor

5.      Guru Mata Pelajaran

6.      Wali Kelas

7.      Staf Administrasi

8.      Tempat Kegiatan

9.      Instrumen BK

10.  Materi BK

11.  Jenis Program

12.  Materi Program

13.  Waktu Pelaksanaan

14.  Himpunan Data

 

 

KISI-KISI ISTRUMEN EVALUASI DUKUNGAN SISTEM

“PENYELENGGARAAN BIMBINGAN DAN KONSELING”

 

Variabel

Indikator

Deskriptor

No. Item

Dukungan Sistem Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling

Kepala Sekolah

Mengkoordinasi seluruh kegiatan pendidikan

1, 2

Menyediakan dan melengkapi sarana prasarana

3

Keterlaksanaan program BK

4

Melakukan supervisi

5, 6

Mengadakan kerjasama

7

Wakil Kepala Sekolah

Mengkoordinasin pelaksanaan layanan BK

1, 2

Melaksanakan kebijakan pimpinan sekolah

3, 4

Koordinator BK

Mengkoordinasi para konselor sekolah

1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8

Mempertanggungjawabkan pelaksanaan kegiatan BK

9, 10, 11, 12, 13, 14, 15, 16

Konselor

Memasyarakatkan kegiatan BK

1, 2

Merencanakan program BK

3, 4

Merumuskan persiapan kegiatan BK

5, 6

Melaksankan layanan BK

7, 8

Menilai proses dan hasil kegiatan BK

9, 10

Menganalisis hasil penilaian

11, 12

Melaksanakan tindak lanjut

13, 14

Mengadministrasi kegiatan BK

15, 16

Mempertanggungjawabkan tugas dan kegiatan

17, 18

Guru Mata Pelajaran

Membantu memasyarakatkan layanan BK

1

Melakukan kerja sama dengan konselor

2

Mengalihtangankan siswa

3

Mengadakan upaya tindak lanjut

4

Membantu mengumpulkan informasi

5

Ikut serta dalam program BK

6

Wali Kelas

Membantu melaksanakan layanan BK

1, 2

Memberikan informasi

3

Ikut serta dalam konfrensi kasus

4, 5

Staf Administrasi

Koordinator dalam mengadministrasikan kegiatan BK

1

Membantu mempersiapkan kegiatan BK

2

Membantu menyiapkan saran

3

Tempat Kegiatan

Ruang kerja konselor

1

Ruang pelayanan

2

Ruang data dan administrasi BK

3

Ruang kegiatan kelompok

4

Keadaan ruang BK

5

Instrumen BK

Pengguanaan tes

1, 2, 3, 4

Penggunaan alat ungkap masalah

5, 6, 7

Penggunaan inventori tugas perkembangan

8, 9, 10

Penggunaan instrument penilaian

11, 12, 13, 14

Materi BK

Silabus

1, 2, 3, 4, 5

Buku kegiatan pelaksanaan BK

6, 7, 8, 9, 10

Jenis Program

Program

1, 2

Laporan

3

Agenda

4, 5

Satuan layanan/kegiatan BK

6, 7

Materi Program

Mengacu pada tugas perkembangan siswa

1

Sesuai dengan kebutuhan dan masalah siswa

2

Mencakup seluruh bidang bimbingan

3, 4

Waktu Pelaksanaan

Pelaksanaan program layanan BK

1, 2, 3

Himpunan Data

Data siswa yang lengkap

1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, 11, 12, 13

  

ISTRUMEN EVALUASI DUKUNGAN SISTEM

“PENYELENGGARAAN BIMBINGAN DAN KONSELING”

 

A.    Petunjuk Pengisian

  1. Dibawah ini terdapat pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan penyelenggaraan bimbingan dan konseling di sekolah.
  2. Konselor diminta untuk memilih alternative jawaban yang sesuai dengan kondisi nyata di sekolah yang dibimbingnya, dengan cara membubuhkan tanda (√) pada kolom yang telah disediakan.

 

a)      Identitas Responden

Nama                     : ……………………………………………………

Jenis Kelamin        : ……………………………………………………

b)     Pertanyaan

No.

Pertanyaan

Ya

Tidak

Kepala Sekolah

1.

Apakah kepala sekolah memahami dan peduli terhadap BK?

2.

Apakah kepala sekolah mengintegrasikan program BK dengan program sekolah?

3.

Apakah kepala sekolah memfasilitasi pengembangan program BK?

4.

Apakah kepala sekolah melaksanakan penilaian BK?

5.

Apakah kepala sekolah melaksanakan pembinaan BK?

6.

Apakah kepala sekolah berpartisifasi aktif dalam kegiatan kusus BK?

7.

Apalah kepala sekolah responsive terhadap upaya inovasi BK di sekolah?

Wakil Kepala Sekolah

1.

Apakah wakil kepala sekolah membantu tugas-tugas kepala sekolah,kususnya berkenaan dengan layanan BK?

2.

Apakah wakil kepala sekolah memahami dan peduli terhadap BK?

3.

Apakah wakil kepala sekolah membantu masyarakat BK?

4.

Apakah wakil kepala sekolah berpartisifasi aktif dalam kegiatan kusus BK?

Koordinator BK

1.

Apakah koordinator BK memasyarakatkan BK kepada segenap warga sekolah,orang tua siswa,dan masyarakat?

2.

Apakah koordinator BK mengkoordinasikan konselor dalam menyusun program tahunan?

3.

Apakah koordinator BK mengkoordinasikan konselor dalam menyusun program semester?

4.

Apakah koordinator BKmengkoordinasikan konselor dalam menyusun satuan layanan BK?

5.

Apakah koordinator BK mengkoordinasikan konselor dalam menyusun satuan kegiatan pendukung BK?

6.

Apakah koordinator BK mengkoordinasikan konselor dalam menyusun agenda mingguan?

7.

Apakah koordinator BK mengkoordinasikan konselor dalam menyusun agenda harian?

8.

Apakah koordinator BK mengkoordinasikan konselor dalam membuat rekap bulanan?

9.

Apakah koordinator BK mengkoordinasikan konselor dalam melaksanakan segenap program BK?

10.

Apakah kordinator BK mengkoordinasikan konselor dalam menilai hasil pelaksanaan program BK?

11.

Apakah koordinator BK mengkoordinasikan konselor dalam menganalisis hasil penilaian layanaan dan kegiatan pendukung BK?

12.

Apakah koordinator BK mengkoordinasikan konselor dalam menindaklanjuti hasi analisis layanan dan kegiatan pendukung BK?

13.

Apakah koordinator BK mengadministrasikan kegiatan satuan layanan dan kegiatan pendukung BK?

14.

Apakah koordinator BK mengusulkan kepada kepala sekolah dan mengusahakan bagi terpenuhinya tenaga,sarana dan perasarana,alat dan perlengkapan BK?

15.

Apakah koordinator BK berpartisipasi aktif dalam kegiatan kepengawasan oleh pengawas bidang BK?

16.

Apakah koordinator BK mempertanggung jawaBKan pelaksananaan layanaan BK pada kepala sekolah?

Konselor

1

Apakah konselor memasyarakatkan BK kepada segenap warga sekolah?

2

Apakah konselor membimbing siswa minimal 150 orang?

3

Apakah konselormalayani setiap siswa minimal 8 kali dalam setiap semester?

4

Apakah konselor manyusun program semesteran?

5

Apakah konselor menyusun program satuan layanan BK?

6

Apakah konselor menyusun program satuan kegiatan pendukung BK?

7

Apakah konselor membuat agenda harian?

8

Apakah konselor membuat rekap bulanan?

9

Apakah konselor melaksanakan segenap program satuan layanan BK?

10

Apakah konselor melaksanakan segenap program satuan kegiatan pendukung BK?

11

Apakah konselor menilai proses dan hasil pelaksanaan satuan layanan dan kegiatan pendukung BK?

12

Apakah konselor menganalisis hasil penilaian layanan dan pendukung BK?

13

Apakah konselor melaksanakan tindaklanyut hasil analisis layanan dan kegiatan pendukung BK?

14

Apakah konselor mengadministrasikan kegiatan satuan layanan dan kegiatan pendukung?

15

Apakah konselor berpartisipasi aktif dalam kegiatan kepengawasa oleh pengawas dalam bidang BK?

16

Apakah konselor mempertangungjawaBKan pelaksanaan layananBK kepada coordinator BK dan kepala sekolah?

17

Apakah konselor berlatar belakang pendidikan s1?

18

Apakah geru BK bersertipikasi?

Guru Mata Pelajaran

1

Apakah guru mata pelajaran membantu memasyarakatkan BK?

2

Apakah guru mata pelajaran membantu mengidentipikasi siswa yang memerlukan layanan BK?

3

Apakah guru mata pelajaran mengalih tangankan siswa yang memerlukan layanan BK?

4

Apakah guru mata pelajaran menjadi agen referral (alih tangan kasus)?

5

Apakah guru mata pelajaran berpatisipasi dalam kegiatan konferensi kasus?

6

Apakah guru mata pelajaran membantu mengembangkan suasana kelas, hubungan guru dengan siswa, dan hubungan siswa dengan siswa yang menunjang pelaksanaan BK?

Wali Kelas

1

Apakah wali kelas membantu konselor melaksanaan tugas-tugasnya, kususnya di kelas yang menjadi tanggung jawabnya?

2

Apakah wali kelas membantu guru mata palajaran melaksanakan peranya dalam pelayanan BK,kususnya dikelas yang menjadi tanggung jawabnya?

3

Apakah wali kelas membantu memberi kesempatan kepada siswa, kususnya dikelas yang menjadi tanggung jawabnya?

4

Apakah wali kelas mengalih tangankan siswa yang memperlukan layanan BK?

5

Apakah wali kelas berpartisipasi dalam kegiatan kusus BK, seperti konfereensi kasus?

Staf TU

1

Apakah staf tu membantu konselor melaksanakan tugas-tugasnya,khususnya dalam kegiatan pengadministrasian BK?

2

Apakah ada staf tu khusus yang diperbantukan untuk mengadministrasikan kegiatan BK?

Tempat Kegiatan

1

Apakah ada ruang kerja konselor dan meuble lainnya?

2

Apakah ada ruang pelayanan dan meuble lainnya

3

Apakah ada ruang data dan administrasi BK beserta meuble lainnya?

4

Apakah ada ruang kegiatan kelompok dan meuble lainnya?

5

Apakah ruang BK tertata rapi dengan suasana yang menyenangkan?

Instrumen BK

1

Apakah di sekolah ini mengguanaka tes intelegensi?

2

Apakah di sekolah ini menggunakan tes bakat?

3

Apakah di sekolah ini menggunakan test prestasi belajar standar?

4

Apakah di sekolah ini menggunaka alat ungkap masalah/

inventori masalah siswa?

5

Apakah di sekolah ini menggunakan inventori tugas perkembangan?

6

Apakah di sekolah ini menggunakan skala sikap?

7

Apakah di sekolah ini menggunakan skala minat?

8

Apakah di sekolah ini menggunakan angket siswa?

9

Apakah di sekolah ini menggunakan pedoman observasi?

10

Apakah di sekolah ini menggunakan pedoman wawancara?

11

Apakah di sekolah ini menggunakan sosiometri?

12

Apakah di sekolah ini  menggunakan instrument penilaian segera?

13

Apakah di sekolah ini mengguanakan instrument penilaian jangka pendek?

14

Apakah di sekolah ini mengguanakan instrument penilaian jangka panjang?

Materi BK

1

Apakah memiliki silabus?

2

Apakah memiliki buku panduan pelaksanaan BK?

3

Apakah memiliki buku standarisasi profesi konseling?

4

Apakah memilik buku buku tentang BK?

5

Apakah memiliki buku buku tentang psikologi?

6

Apakah memiliki buku buku tentang pendidikan?

7

Apakah memiliki buku buku atau sumber bimbingan pribadi?

8

Apakah memiliki buku buku atau sumber bimbingan social?

9

Apakah memiliki buku buku atau sumber bimbingan belajar?

10

Apakah memiliki buku buku atau sumber bimbingan karir?

Jenis Program

1

Apakah konselor membuat program tahunan?

2

Apakah konselor membuat program semesteran?

3

Apakah konselor membuat laporan bulanan?

4

Apakah konselor membuat agenda mingguan?

5

Apakah konselor membuat agenda harian?

6

Apakah konselor membuat satuan layanan BK?

7

Apakah konselor membuat satuan kegiatan BK?

Materi Program

1

Apakah materi BK mengacu pada tugas perkembangan siswa atau standar kompetensi?

2

Apakah materi BK sesuai dengan kebutuhan dan masalah nyata siswa?

3

Apakah materi BK mencakup seluruh bidang bimbingan?

4

Apakah konselor mengintregasikan pendidikan budi pekerti?

Waktu Pelaksanaan

1

Apakah program layanan BK dilaksanakan pada jam efektif?

2

Apakah program layanan BK dilaksanakan diluar jam efektif sekolah?

3

Apakah program layanan BK dilaksanakan melalui jam khusus BK di kelas selama 1 sampai 2 jam/minggu?

Himpunan Data

1.

Apakah konselor memiliki data pribadi siswa yang lengkap?

2.

Apakah konselor memiliki data sosial siswa yang lengkap?

3.

Apakah konselor memiliki data belajar siswa yang lengkap?

4.

Apakah konselor memiliki data karier siswa yang lengkap?

5.

Apakah konselor memiliki data belakang keluarga siswa yang lengkap?

6.

Apakah konselor memiliki data masalah siswa yang lengkap?

7.

Apakah konselor memiliki data bakat siswa yang lengkap?

8.

Apakah konselor memiliki data kecerdasan siswa yang lengkap?

9.

Apakah konselor memiliki data tugas perkembangan siswa yang lengkap?

10.

Apakah konselor memiliki data kelompok yang lengkap?

11.

Apakah konselor memiliki data umum yang lengkap?

12.

Apakah data tersimpan rapi dan terjaga kerahasiaannya, terutama untuk data yang bersifat pribadi?

13.

Apakah seluruh data dimanfaatkan untuk setiap layanan BK?

 

 

Share:

Related Posts:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Foto saya
Mukhamad Fadhir merupakan mahasiswa Pascasarjana (S2) Program Studi Bimbingan dan Konseling angkatan 2022 Universitas Negeri Yogyakarta, lahir di Tuban pada tanggal 01 April 1998.

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.