Assalamualaikum Wr. Wb. Saya Mukhamad Fadhir mahasiswa Bimbingan dan Konseling Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Yogyakarta yang akan membagikan sedikit tentang Pengembangan Media dan Instrumen Bimbingan dan Konseling. Semoga segala yang ada dalam site saya bermanfaat bagi para pembaca dan bisa memberikan sumbangan gagasan atau ide dalam mengembangkan media dan instrumen Bimbingan dan Konseling yang menarik bagi peserta didik. Sekian ^^ Wassalamualaikum Wr. Wb.

OBSERVASI


OBSERVASI

Penilaian hasil Observasi menggunakan skala linkert dengan 4 pilihan jawaban dan masing-masing variable terdiri dari 15 item soal dengan skor penilaian sebagai berikut:

Jawaban Tinggi dengan nilai   4
Jawaban Sedang dengan nilai 3
Jawaban Cukup dengan nilai  2
Jawaban Rendah dengan nilai 1

Rubrik penilaian dari lembar observasi akan diuraikan dalam tabel dibawah ini :

Rubrik Penilaian Lembar Observasi

NoAspek yang dinilaiSkor yang dinilai
4321
1Menunjukkan ekspresi yang tidak canggung.Sangat EkspresifEkspresifCukup EkspresifKurang Ekspresif
2Memberikan feedback terhadap lingkungan disekitarnya.Intensitasnya tinggiIntensitasnya SedangIntensitasnya cukupIntensitasnya kurang
3Bertatap muka dengan teman interaksi sebagai bentuk menghargai lawan bicara.Selalu bertatap mukaKadang-kadangJarang bertatap mukaTidak bertatap muka.
4Menjelaskan suatu topik dengan rinci.Sangat rinci menjelaskan suatu topikRinci menjelaskan suatu topikCukup rinci menjelaskan suatu topikKurang  rinci menjelaskan suatu topik
5Menjelaskan suatu topik dengan runtun.Sangat runtun menjelaskan suatu topikRuntun menjelaskan suatu topikCukup runtun menjelaskan suatu topikKurang runtun.
6Menggunakan pilihan kata yang tepat dan tidak rancu.Selalu menggunakan pilihan kata yang tepat dan tidak rancu.Kadang- kadang menggunakan pilihan kata yang tepat dan tidak rancu.Jarang menggunakan pilihan kata yang tepat dan tidak rancu.Tidak menggunakan pilihan kata yang tepat dan tidak rancu.
7Komunikator memberi stimulus terhadap komunikan.Selalu memberi stimulus terhadap komunikanKadang-kadang memberi stimulus terhadap komunikanJarang memberi stimulus terhadap komunikan.Tidak memberi stimulus terhadap komunikan
8Komunikator menyampaikan kisi-kisi dari apa yang akan disampaikan.Pasif dalam mengerjakan tugasKurang aktif dalam mengerjakan tugasCukup aktif dalam memperhatikan penjelasan guruMengumpulkan tugas dengan tepat waktu.
9Komunikator menyampaikan informasi dengan gaya yang menarikMenyampaikan informasi dengan gaya yang sangat menarikMenyampaikan informasi dengan gaya yang menarikMenyampaikan informasi dengan gaya yang kurangmenarikMenyampaikan informasi dengan gaya yang tidak menarik
10Komunikan memperhatikan komunikator saat menerima informasi.Sangat memperhatikanMemperhatikanKurang memperhatikanTidak memperhatikan
11Komunikan memberikan feedback atas apa yang disampaikan komunikator.Selalu memberi feedbackKadang-kadang memberi feedbackKurang memberi feedbackTidak  memberi feedback
12Komunikan menggali informasi lebih dalam  atas apa yang disampaikan komunikator.Menggali sangat dalam atas apa yang disampaikanMenggali lumayan dalam atas apa yang disampaikanMenggali kurang dalam atas apa yang disampaikanTidak menggali dalam atas apa yang disampaikan
13Komunikan menunjukkan sikap antusias atas apa yang disampaikan komunikator.Menunjukkan sikap sangat antusias atas apa yang disampaikan komunikator.Menunjukkan sikap antusias atas apa yang disampaikan komunikator.Menunjukkan sikap kurang antusias atas apa yang disampaikan komunikator.Menunjukkan sikap tidak  antusias atas apa yang disampaikan komunikator.
14Komunikan menunjukkan kepuasan atas apa yang disampaikan komunikatorSangat puas atas apa yang disampaikan komunikatorPuas atas apa yang disampaikan komunikatorKurang puas atas apa yang disampaikan komunikatorTidak puas atas apa yang disampaikan komunikator
15Komunikan mengkonfirmasikan informasi yang diterima dari komunikator.Tidak ada yang mengkonfirmasiSedikit yang mengkonfirmasiBeberapa yang mengkonfirmasiBanyak yang mengkonfirmasi

 

Share:

Related Posts:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini

Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Foto saya
Mukhamad Fadhir merupakan mahasiswa Pascasarjana (S2) Program Studi Bimbingan dan Konseling angkatan 2022 Universitas Negeri Yogyakarta, lahir di Tuban pada tanggal 01 April 1998.

Recent Posts

Unordered List

  • Lorem ipsum dolor sit amet, consectetuer adipiscing elit.
  • Aliquam tincidunt mauris eu risus.
  • Vestibulum auctor dapibus neque.

Pages

Theme Support

Need our help to upload or customize this blogger template? Contact me with details about the theme customization you need.