PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI
KONSELING
PENDEKATAN SOLUTION FOCUSED BRIEF THERAPY
Tujuan dalam pengembangan pengembangan instrumen evaluasi konseling “Solution Focused Brief Therapy” adalah untuk mengetahui dan mengidentifikasi konseli dalam konseling dengan pendekatan Solution Focused Brief Therapy.
A.
Definisi
Konseptual
Menurut (Rostini, 2021) yang menyatakan bahwa Solution
Focused Brief Therapy (SFBT) sebagai salah satu bentuk pendekatan yang
efektif dan efisien karena memerlukan waktu yang singkat dalam penerapanya.
Pendekatan ini sangat membantu konseli untuk menemukan solusi dan memecahkan
suatu permasalahan, karena pikiran konseli akan dibimbing untuk focus pada
solusi sehingga mengesampingkan masalah. Pendekatan SFBT ini juga dapat
digunakan untuk memecahkan masalah-masalah seperti meningkatkan pengelolaan
diri, mengurangi gairah remaja dan membantu orang-orang yang sedang mencari
jati dirinya.
B.
Definisi
Operasional
Menurut Mulawarman (Pratini & Afifah, 2018)
mengungkapkan bahwa Solution Focus Brief Therapy SFBT merupakan sebuah
pendekatan terapi atau konseling yang memiliki konsep sederhana dan mudah,
serta pada sisi praktikalnya lebih difokuskan pada bagaimana mencari pemecahan
(solusi) masalah. Pengertian lain juga dikemukakan oleh Syarafuddin &
Muzanni (2018) bahwa SFBT didefinisikan sebagai salah satu model pendekatan
terapi atau konseling yang berorientasi pada solusi dengan tujuan lebih
spesifik yaitu proses pembangkitan kesadaran dan membuat pilihan secara sadar.
Dari kedua definisi tersebut dapat disimpulkan bahwa SFBT merupakan sebuah
pendekatan konseling yang memiliki konsep lebih sederhana dan mudah, serta
dalam praktiknya lebih menekankan pada pemecahan masalah daripada mencari
masalahnya.
Pendekatan
Reality Therapy memiliki ciri-ciri berbeda dengan pendekatan lainnya.
Indikator dalam evaluasi proses
dengan menggunakan pendekatan Solution Focused Brief Therapy
(SFBT) diantaranya:
a.
Pembinaan hubungan baik
b.
Identifikasi masalah yang dapat dipecahkan
c.
Penetapan tujuan
d.
Merancang dan melaksanakan intervensi
e.
Terminasi, evaluasi, dan tindak lanjut
C.
Kisi-Kisi Evaluasi
Proses
Variabel |
Indikator |
|
Respon
Konseli yang Teramati |
Jumlah Butir |
Evaluasi Proses |
Pembinaan hubungan baik |
1. |
Konseli menjawab dengan ramah pertanyaan konselor |
4 |
2. |
Konseli berperilaku sopan kepada konselor |
|||
3. |
Konseli bersedia mengisi informed consent |
|||
4. |
Konseli menyanggupi kesepakatan proses konseling |
|||
Identifikasi masalah yang dapat dipecahkan |
5. |
Konseli mampu meluapkan kegelisahnnya |
4 |
|
6. |
Konseli mengungkapkan masalah yang dirasakan |
|||
7. |
Konseli menyampaikan upaya yang sudah dilakukan klien |
|||
8. |
Konseli dapat menilai derajat masalah |
|||
Penetapan tujuan |
9. |
Konseli mampu mengungkapkan hal-hal yang ingin dicapai |
2 |
|
10. |
Konseli mampu menetapkan tujuan yang ingin dicapai |
|||
Merancang dan menetapkan intervensi |
11. |
Konseli mampu menyusun langkahlangkah untuk mencapai tujuan |
3 |
|
12. |
Konseli dapat mempertimbangkan keuntungan dan kerugian
masing-masing alternatif |
|||
13. |
Konseli mau menerima tugas/ pekerjaan rumah dari alternatif
solusi |
|||
Terminasi, Evaluasi, dan Follow Up |
14. |
Konseli mampu mengungkapkan garis besar proses konseling |
4 |
|
15. |
Konseli dapat menilai ulang derajat setelah proses konseling |
|||
16. |
Konseli memutuskan adanya konseling selanjutnya (bila
diperlukan) |
|||
17. |
Konseli yakin dapat mengaplikasikan solusi yang telah
ditetapkan |
|||
Jumlah |
17 |
D.
Kisi-kisi dan
Indikator Evaluasi Hasil Konseling (SFBT)
Indikator dalam evaluasi hasil dalam
pendekatan Solution Focused Brief Therapy
(SFBT) diantaranya:
a.
Pemahaman baru
b.
Perasaan positif
c.
Rencana pasca layanan
Kisi-Kisi Evaluasi Proses
Variabel |
Indikator |
Pernyataan |
Jumlah Butir |
Evaluasi Hasil |
Pemahaman Baru |
Saya yakin jika
setiap masalah memiliki solusi |
4 |
Saya mengetahui apa yang harus saya
lakukan untuk mengatasi masalah |
|||
Dengan kemampuan yang
saya miliki, saya mampu menentukan solusi |
|||
Lebih baik mencari solusi daripada
meratapi masalah yang dimiliki |
|||
Perasaan Positif |
Solusi yang saya dapat dari proses
konseling bermanfaat bagi saya |
4 |
|
Saya nyaman mengikuti
proses konseling |
|||
Setelah mengikuti
layanan konseling saya merasa lega |
|||
Saya merasa senang
karena dalam layanan konseling saya diterima dengan baik |
|||
Rencana Kegiatan |
Saya tahu apa yang
harus saya lakukan setelah mengikuti proses konseling |
3 |
|
Saya akan fokus
mengembangkan kelebihan saya |
|||
Pasca Layanan |
Saya akan
mempertimbangkan resiko dari setiap keputusan yang saya ambil |
|
|
Jumlah |
11 |
Layanan Konseling Lembar Evaluasi
Konselor :
………………………………………………………………….
Konseli : ………………………………………………………………….
Pertemuan Ke- : ………………………………………………………………….
Pendekatan
Konseling : Solution
Focus Brief Counseling (SFBC)
Berikan tanda ceklis (√) pada kolom jawaban
yang tersedia, dengan kriteria sebagai berikut :
Pilihan
1, jika : Keadaan tersebut 0 – 25% sesuai
dengan kondisi diri anda
Pilihan
2, jika : Keadaan tersebut 26% - 50%
sesuai dengan kondisi diri anda
Pilihan
3, jika : Keadaan tersebut 51% - 75%
sesuai dengan kondisi diri anda
Pilhan
4, jika : Keadaan tersebut 76% - 100%
sesuai dengan kondisi diri
No |
Respon
Konseli yang Teramati |
1 |
2 |
3 |
4 |
1. |
Konseli menjawab
dengan ramah pertanyaan konselor |
|
|
|
|
2. |
Konseli berperilaku
sopan kepada konselor |
|
|
|
|
3. |
Konseli bersedia
mengisi informed
consent
|
|
|
|
|
4. |
Konseli menyanggupi
kesepakatan proses konseling |
|
|
|
|
5. |
Konseli mampu
meluapkan kegelisahnnya |
|
|
|
|
6. |
Konseli mengungkapkan
masalah yang dirasakan |
|
|
|
|
7. |
Konseli menyampaikan
upaya yang sudah dilakukan klien |
|
|
|
|
8. |
Konseli dapat menilai
derajat masalah |
|
|
|
|
9. |
Konseli mampu
mengungkapkan hal-hal yang ingin dicapai |
|
|
|
|
10. |
Konseli mampu
menetapkan tujuan yang ingin dicapai |
|
|
|
|
11. |
Konseli mampu
menyusun langkah-langkah untuk mencapai tujuan |
|
|
|
|
12. |
Konseli dapat
mempertimbangkan keuntungan dan kerugian masing-masing alternatif |
|
|
|
|
13. |
Konseli mau menerima
tugas/ pekerjaan rumah dari alternatif solusi |
|
|
|
|
14. |
Konseli mampu
mengungkapkan garis besar proses konseling |
|
|
|
|
15. |
Konseli dapat menilai
ulang derajat setelah proses konseling |
|
|
|
|
16. |
Konseli memutuskan
adanya konseling selanjutnya (bila diperlukan) |
|
|
|
|
17. |
Konseli yakin dapat
mengaplikasikan solusi yang telah ditetapkan |
|
|
|
|
E. Lembar Evaluasi Hasil
Layanan
Konseling Lembar Evaluasi Hasil
Nama Konseli |
|
:
…………………………………………………………………. |
Permasalahan |
|
:
…………………………………………………………………. |
Nama Konselor |
|
:
…………………………………………………………………. |
Penggunaan Teknik |
|
:
…………………………………………………………………. |
Petunjuk Pengisian |
|
: |
Berikan tanda ceklis (√) pada kolom jawaban yang tersedia, dengan kriteria sebagai berikut :
STS,
jika : Keadaan tersebut 0 – 25%
sesuai dengan kondisi diri anda
TS,
jika : Keadaan tersebut 26% -
50% sesuai dengan kondisi diri anda
S,
jika :
Keadaan tersebut 51% - 75% sesuai dengan kondisi diri anda
SS,
jika :
Keadaan tersebut 76% - 100% sesuai dengan kondisi diri
No |
Pernyataan |
STS |
TS |
S |
SS |
1. |
Saya yakin jika
setiap masalah memiliki solusi |
|
|
|
|
2. |
Saya mengetahui apa
yang harus saya lakukan untuk mengatasi masalah |
|
|
|
|
3. |
Dengan kemampuan yang
saya miliki, saya mampu menentukan solusi |
|
|
|
|
4. |
Lebih baik mencari
solusi daripada meratapi masalah yang dimiliki |
|
|
|
|
5. |
Solusi yang saya
dapat dari proses konseling bermanfaat bagi saya |
|
|
|
|
6. |
Saya nyaman mengikuti
proses konseling |
|
|
|
|
7. |
Setelah mengikuti
layanan konseling saya merasa lega |
|
|
|
|
8. |
Saya merasa senang
karena dalam layanan konseling saya diterima dengan baik |
|
|
|
|
9. |
Saya tahu apa yang
harus saya lakukan setelah mengikuti proses konseling |
|
|
|
|
10. |
Saya akan fokus
mengembangkan kelebihan saya |
|
|
|
|
11. |
Saya akan
mempertimbangkan resiko dari setiap keputusan yang saya ambil |
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar